Tugas Tik 5 materi

Materi 1
Cara Mengendalikan Emosi Diri

Dengan mengetahui penyebab munculnya emosi

Tips pertama dalam mengendalikan emosi untuk menjadi seseorang yang pandai dalam mengendalikan emosi yaitu dengan mengenali terlebih dahulu diri kita secara lebih dalam. Dalam hal ini disaat kita mulai merasakan emosi yang memuncak atau emosi yang akan keluar maka perlu kita cermati kenapa hal itu bisa terjadi, sehingga kita tau beberapa hal yang dapat memicu emosi kita. Kemudian kenali gerak tubuh yang menunjukkan kita sedang emosi, seperti tangan yang mulai berkeringat, jantung tang seakan berdetak lebih kencang dll, karena jika kita mengetahui hal ini maka kita dapat menghindari emosi yang memuncak jika dapat meminimalisir akar dari hal itu.

Memberi otak lebih banyak waktu untuk berfikir

Kadang kita disaat emosi memuncak selalu melakukan sesuatu hal secara tiba-tiba yang pada akhirnya hanya akan membuat kita merasa menyesal pada apa yang telah kita lakukan. Maka penelitian menyebutkan salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan berhenti mengerjakan sesuatu selama 6 detik, karena dapat mengurangi tingkat emosi kita. Hal itu juga dapat membuat otak kita lebih mengajak kita untuk mengetahui apa yang akan kita lakukan dan dampaknya, untuk mengetahui benar dan salahnya apa yang akan kita lakukan.

Lebih fokus kepada hal yang bisa kita kontrol

Mengenai sulitnya seseorang dalammengendalikan emosi diri biasanya karena faktor dari luar. Seringkali yang dapat menyulut emosi kita karena faktor eksternal yang kurang dapat kita kendalikan, seperti bos yang sangatlah galak, atau kemacetan jalan dan juga teman kerja yang selalu bertindak ceroboh. Maka semua itu adalah hal diluar kemampuan kita untuk dapat mengubahnya. Sehingga untuk menanggapi semua itu maka sebaiknya kita mengerjakan apa yang dapat kita kerjakan, abaikan mereka untuk sementara dengan bekerja yang sungguh-sungguh dll.

    Materi ke 2
Menyembunyikan “Last Seen”

BACA JUGA :

Begini Cara Pakai Aplikasi WhatsApp di PC dan MacCara Menjawab Pesan yang "Tenggelam" di Grup WhatsAppWhatsApp Ingatkan Pengguna BlackBerry Agar Ganti Ponsel

WhatsApp mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Namun bila hal ini dirasa mengganggu privasi, Anda bisa menyembunyikan tanda “last seen” tersebut.

Caranya, pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. Anda akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Anda tinggal memilih Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen” tersebut, pilih My Contact supaya hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat, atau pilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut.

2. Backup percakapan

Anda bisa membuat cadangan data percakapan sehingga saat berganti ponsel, semua percakapan lawas bisa dipulihkan kembali. Caranya pun mudah.

Pada menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive.

Cukup dengan memasukkan akun Gmail Anda, serta mengatur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis

3. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks

Pengguna WhatsApp bisa menyimpan berbagai percakapan mereka ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila Anda termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai arsip percakapan.

Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin Anda simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat.

Selanjutnya Anda bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks saja. Setelah memilih akan muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan tersebut.

4. Blokir kontak

Sering mendapatkan pesan spam dari orang tak dikenal? Blokir saja. WhatsApp memang memberikan fitur tersebut dan bisa diakses dengan mudah.

Caranya, buka percakapan dengan orang yang dituju. Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Anda akan menemukan pilihan Block di antara menu yang muncul. Sentuhlah, dan pemblokiran pun selesai.

5. Menghentikan download otomatis

Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data.

Anda bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp Anda tidak otomatis terunduh.

Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut.

Ada tiga tab, yaitu When using mobile data,When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

6. Tanda bintang

Anda bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp. Tanda ini berguna untuk mencatat berbagai informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon.

Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Akan muncul tanda bintang pada headerWhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut.

Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, Anda cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”.

7. Sembunyikan tanda read

Setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan centang biru. Bila Anda tak ingin lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, Anda bisa mengubahnya.

Masuk ke menu Settings, lalu Accounts dan Privacy. Di dalamnya, tepatnya di bagian bawah, Anda akan menemukan tab bertuliskan Read Receipts. Hapus tanda centang di bilah tersebut untuk menon-aktifkannya.

8. Huruf tebal dan miring

WhatsApp kini bisa menampilkan huruf dalam format tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through). Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.

Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tandaunderscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~. (Baca: Cara Bikin Huruf di WhatsApp Jadi Tebal dan Miring)

9. Colek teman di grup

WhatsApp mempunyai fitur mention atau "mencolek" teman di grup percakapan. Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp.

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter "@" (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan.

Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

10. Membalas pesan yang sudah tenggelam di grup

Jika ingin mengutip salah satu pesan di grup dan membalasnya, Anda harus menekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Anda cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin Anda komentari.

Materi 3
   Dampak-Dampak Globalisasi

10 Dampak Positif dan Negatif Globalisasi | Arus globalisasi yang melanda seluruh dunia mempunyai dampak bagi bidang sosial budaya suatu bangsa. Pada awalnya, globalisasi hanya dirasakan di kota-kota besar di Indonesia. Namun dengan adanya kemajuan teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi globalisasi juga telah menyebar ke seluruh penjuru tanah air. Arus globalisasi yang penyebarannya sangat luas dan cepat tersebut membawa dampak positif dan negatif. Dampak positif globalisasi, antara lain sebagai berikut.

A). Dampak Positif Globalisasi : 
Meningkatkan etos kerja yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, mempunyai jiwa kemandirian, rasional, sportif, dan lain sebagainya.Kemajuan teknologi menyebabkan kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efisien sehingga membuat produksi dalam negeri mampu bersaing di pasar internasional.Tingkat Kehidupan yang lebih Baik. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih baik. Meluaskan pasar untuk produk dalam negeri. Kemajuan di bidang teknologi, komunikasi, informasi, dan transportasi yang memudahkan kehidupan manusia. Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi). Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Berkembangnya turisme dan pariwisata. Meningkatkan pembangunan negara.
B). Dampak Negatif Globalisasi : 
Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet, media televisi, maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat.Semakin lunturnya semangat gotong-royong, solidaritas, kepedulian, dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat, misalnya sakit,kecelakaan, atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang. Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia. Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar, Akibatnya kondisi industri dalam negeri sulit berkembang. Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri. 

    Materi ke 4
   
  Bahayanya merokok

  Berikut ini kami jabarkan bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yang mudah-mudahan dapat menambah semangat Anda untuk berhenti merokok.

Meningkatkan risiko kanker perut, kanker darah dan kanker limfa, karena mengandung kadar 1,3-Butadine, yakni bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet.Menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru, karena mengandung Akrolein,Formaldehida dan Kromium VI( digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna ) yang akhirnya bisa menyebabkan kanker paru-paru.Menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker, karena rokok mengandung zat Arsenik yang digunakan untuk mengawetkan kayu.Menyebabkan leukemia karena rokok mengandung zat Benzene yang sebenarnya digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya.Menganggu perbaikan DNA dan menyebabkan kerusakan ginjal serta lapisan pembuluh darah arteri, karena kandungan zat Kadmium yakni logam yang digunakan untuk membuat baterai.Kandungan tar pada rokok akan menempel pada paru-paru, serta menimbulkan warna cokelat pada gigi dan kuku.Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah dapat menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung. Karena kandungankarbon monoksida pada asap rokok yang dihirup masuk ke aliran darah. Karbon monoksida akan menurunkan jumlah oksigen yang dibawa di dalam sel darah merah lalu meningkatkan jumlah kolesterol yang diserap ke lapisan dalam arteri, sehingga bisa terjadi pengerasan arteri atau aterosklerosis.Nikotin dalam rokok adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah. Nikotin juga berkontribusi terhadap pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya, juga menyebabkan serangan jantung. Zat kimia ini dapat tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung pada seberapa sering Anda merokok.Perempuan perokok ataupun yang tidak merokok namun sering terpapar asap tembakau cenderung melahirkan bayi dengan berat badan rendah serta ada peningkatan risiko kelahiran prematur.Bahaya merokok berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit strokeyang sangat mematikan.

Materi 5
Bahaya Narkoba

PENGERTIAN NARKOBA

empowher.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa narkoba adalah kepanjangan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif. Adapun definisi macam macam narkoba tersebut adalah sebagai berikut;

Pengertian Narkotika adalah zat atau obat yang dapat menyebabkan perubahan atau penurunan kesadaran, hilang rasa, mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan. Baik itu yang berasal dari tanaman ataupun tanaman, sintetis maupun semi sintetis.Contoh Narkotika; Papaver, morfina, opium, kokaina, ekgonina dan ganja (tanaman) dll.Pengertian Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.Contoh Psikotropika; Ekstasi, LSD, Amphetamine dll.Bahan Adiktif lainnya adalah zat-zat atau bahan lain non-narkotika dan psikotropika yang
memiliki pengaruh pada kinerja otak dan dapat menimbulkan ketergantungan.Contoh Bahan Adiktif;Contoh Narkoba Jenis Bahan Adiktif: Alkohol, Thinner, Lem Kayu dll.

 

JENIS JENIS NARKOBA

sumutpos.co

Setiap jenis narkoba mempunyai level dan golongannya masing-masing sesuai yang diatur oleh pemerintah. Itu karena tidak semua narkotika dan psikotropika dilarang penggunaanya. Utama dibidang kedokteran dan pengembangan pengetahuan.

Adapun menurut UU No. 5 Tahun 1997 dan UU No.22 Tahun 1997. Jenis narkotika dan psikotropika yang termasuk dalam Golongan I termasuk jenis zat berkategori Ilegal.

Oleh karena itu siapapun yang menggunakan, memiliki, memproduksi, mendsitribusikan apalagi mengedarkan jenis jenis zat golongan 1, dapat dikenakan pidana sesuai hukum yang berlaku.

Adapun Narkoba golongan 2 (II) adalah narkoba yang memiliki khasiat di pengobatan, dapat digunakan untuk pengobatan atau terapi namun sebagai pilihan terakhir. Golongan II juga dapat digunakan untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Narkotika golongan ini masih memiliki potensi tinggi mengakibatkan ketergantungan.

Sementara itu, Narkoba golongan 3 (III)adalah jenis narkoba yang berkhasiat dalam pengobatan / terapi dan dapat digunakan juga untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Narkoba golongan ini hanya mempunyai potensi ringan untuk mengakibatkan ketergantungan.

Jenis Jenis Narkotika

a. Golongan I : ganja, heroin, kokain, morfin, opium, Tembakau gorila, DMT, MDPV dll
b. Golongan II : benzetidin, betametadol, petidin dan turunannya dll
c. Golongan III : kodein dan turunannya, metadon, naltrexon dll

Jenis Jenis Psikotropika

a. Golongan I : MDMA/ekstasi, LSD dan STP dll
b. Golongan II : amfetamin, metilfenidat atau ritalin. dll
c. Golongan III :(umibal, buprenorsina, pentobarbital, Flunitrazepam dan sebagainya
d. Golongan IV : nitrazepam, Aminorex , dumolid, diazepam dan lain

Jenis- Jenis Bahan Adiktif

Alkohol, Nikotin dan bahan lain yang memabukan, Thinner dan zat lain yang dihirup memabukan, seperti penghapus cair, cat, aseton, lem kayu dll.

 

MACAM MACAM NARKOBA BESERTA GAMBARNYA

washingtonpost.com

Berdasarkan data dari detikcom, terdapat 644 jenis narkoba yang beredar di dunia. Dari jumlah tersebut, 43 jenis jenis narkoba baru telah dimasukkan dalam Permenkes No. 2 Tahun 2017 tentang perubahan penggolongan narkotika. Di sisi yang lain terdapat 65 jenis narkoba baru lainnya yang beredar di Indonesia. Jadi, terdapat 23 jenis narkoba baru yang belum tertulis di Permenkes.

Macam-macam narkoba dan gambarnyatelah diatur dalam Permenkes No. 2 Tahun 2017. Jenis-jenis narkoba yang paling banyak dipakai di Indonesia adalah shabu, ekstasi, ganja, heroin, kokain, morfin, opium, kokain, dan putauw. Jenis jenis tersebut juga paling banyak beredar di Indonesia.

 

1. Ganja atau Marijuana

gambar ganja | pixabay.com

Ganja juga dikenal dengan nama marijuana atau cimeng, berasal dari tanaman dengan nama yang sama. Semua bagian dari tanaman tersebut menimbulkan efek candu dan merusak otak. Biasanya yang dikonsumsi adalah bagian bunga, batang, biji, dan daun yang dikeringkan.

Obat terlarang berwarna agak kehijauan dan agak lembab ini dikonsumsi dengan cara dimasukan ke dalam lintingan rokok sebagai pengganti tembakau. Selain itu, beberapa pengguna memilih memasukkannya ke dalam Bong atau Pipa. Tujuan penggunaan bong adalah memisahkan asap dan uap. Alat tersebut akan mengumpulkan uap dan asapnya akan dibuang.

Efek yang ditimbulkan dari ganja adalah agresif dan denyut nadi lebih cepat. Selain itu, pengguna ganja biasanya sulit mengingat kejadian, sensitif, gelisah, dan mengalami gangguan tidur.
Pengguna juga akan sering Berhalusinasisaat memakai ganja, hingga akhirnya mengalami kerusakan mental. Adapun bagi ibu hamil, penggunaan ganja dapat memengaruhi perkembangan otak bayi.

Sementara itu, asap ganja juga memberikan efek gangguan pernapasan, seperti iritasi paru-paru. Dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan penyakit jantung.

 

2. Heroin atau Putauw

gambar heroin | publicbroadcasting.ne

Obat-obatan terlarang ini berbentuk bubuk. Nama lainnya adalah putauw, bedak, dan etep. Heroin yang belum dicampuri apa pun rasanya pahit. Beberapa pengguna mencampurnya dengan gula, susu bubuk, dan kina agar tidak terlalu pahit.

Heroin dikonsumsi dengan dihisap atau memasukkan bubuk tersebut pada rokok. Cara lainnya dengan menyuntikkan ke tubuh. Bubuk heroin dicairkan lalu dimasukkan ke alat suntik. Biasanya, pengguna menyuntikkan di pembuluh darah, otot, atau di bawah kulit.

Setelah heroin masuk ke otak, akan berubah menjadi morfin yang menyebabkan sensasi kegembiraan. Di sisi yang lain, tubuh akan merasakan demam, mulut kering, mual, gatal, dan denyut jantung lambat.

Seperti jenis jenis narkoba lainnya, heroin juga memberikan efek kerusakan otak permanen. Beberapa penelitian mengatakan, heroin memberikan efek kerusakan struktur fisik dan fisiologis otak. Hal itu memengaruhi tanggapan terhadap stres serta perilaku pengguna. Kerusakan lainnya terjadi pada kurangnya asupan oksigen pada otak dan infeksi katup jantung.

 

3. Kokain atau Cocaine

gambar kokain | weltderwunder.de

Kokaina atau kokain adalah senyawa sintetis yang dapat memicu atau mengahancurkan metabolisme sel menjadi berkali-kali lipat lebih cepat. Serbuk kristal putih ini berasal dari tumbuhan koka (Erythroxylon coca) yang banyak tumbuh di wilayah Amerika Selatan. seperti Bolivia, Peru, Kolombia dan Brazilia).

Kemudian, hasil dari tumbuhan tersebut dicampur dan diolah dengan zat kimia tertentu sehingga menjadi kokain yang memiliki daya adiktif kuat. Kokain sebetulnya dipergunakan untuk anestetik lokal, Khususnya untuk pembedahan, tenggorokan mada dan hidung. Karena ia mempunyai efekVasokonstriksif atau penyempitan pembuluh darah yang akan mengurangi darah mengalir ke suatu bagian tubuh.

Kokain terdiri dari 2 bentuk, yakni: kokain free base dan kokain hidroklorid dan diklasifikasikan ke dalam jenis narkotika, sama seperti heroin dan morfin karena efek adiktif barang tersebut.

Nama jalanan dari kokain adalah coke, koka, charlie, srepet, happy dust, snow dll. dan biasa digunakan dengan cara dibagi setumpuk kokain tersebut kedalam beberapa bagian secara lurus diatas permukaan datar(kaca dll). Kemudian dihirup menggunakan alat seperti sedotan atau dibakar bersama tembakau.

 

4. Jenis Jenis Narkoba | LSD (Lysergyc Acid Diethylamide )

Lysergyc Acid Diethylamide | google images

LSD atau disebut juga Lysergyc Acid Diethylamide adalah jenis narkotika sintetis yang terbuat dari saripati ergot. Ergot adalah sejenis tumbuhan biji bijian semacam beras atau gandum yang terserang penyakit jamur. Ergot kemudian diolah menjadi LSD.

LSD dapat ditemukan dalam bentuk pil dan dijual dalam bentuk mikrodot (tablet kecil), gelatin dan kapsul. Kadang LSD juga dijual dalam bentuk cair, Biasanya obat berbahaya ini dipakai dengan cara ditelan atau lewat mukosa oral memakai kertas yang telah diresapi LSD dosis 100-300 mikrogram.

Selepas LSD tersebut digunakan. Pemakan akan merasakan efek LSD yang disebut“Tripping” selama 6-8 jam plus 2-6 jam offset atau penurunan. Efek tripping adalah situasi dimana si pemakai akan merasakan peningkatan energi dan sulit tidur. Ia akan berhalusinasi seperti mendengar suara atau melihat suatu sosok, merasakan tembok bernafas, gambar bergerak, benda berubah-rubah atau morphing dan sebagainya.

Selama triffing tersebut berlangsung. Pemakai berhalusinasi melalui perjalanan dengan gambaran yang membahagiakan yang membuat bahagia dan santai , atau, Sebaliknya. Si pemakai akan berhalusinasi dengan gambaran buruk hingga membuat putus asa dan dihinggapi rasa takut yang tinggi.

5. Jenis Jenis Narkoba | Sabu- Sabu atau Meth

gambar sabu-sabu sebelum dibubukan | hellosehat.com

Sabu (shabu) adalah jenis narkoba yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Nama lainnya adalah meth, metamfetamin, kristal, kapur, dan es. Bentuknya putih, tidak berbau, dan rasanya pahit.

Shabu dikonsumsi dengan cara dimakan, dimasukkan ke dalam rokok, dihisap, atau disuntikkan ke tubuh dengan dilarutkan dalam air terlebih dahulu. Para pengguna yang memakai shabu dengan cara disuntikkan dan dicampur pada rokok lebih cepat efeknya pada otak daripada pemakaian dengan cara lain. Oleh karena itu, pengguna ingin menyuntikkan dan menghisapnya berkali-kali.

Mereka memakai narkoba, khususnya shabu, karena depresi akibat hal-hal tertentu dalam hidupnya, seperti masalah pekerjaan atau keluarga. Pasalnya, shabu memberikandopamine sehingga meningkatkan rasa senang dan membuat lebih bersemangat.

Namun, kesenangan semu itu tidak sebanding dengan efeknya. Shabu mengakibatkan insomnia, hilang nafsu makan, sikap tergesa-gesa, denyut jantung yang lebih cepat daripada orang normal, serta tekanan darah tinggi.

Efek jangka panjang shabu adalah kerusakan permanen pada otak. Shabu memberikan efek negatif pada mikrogelia. Sel-sel mikrogelia yang seharusnya menyerang sel rusak, menjadi berbalik menyerang sel-sel yang sehat. Kerusakan otak ini pun mengakibatkan strok parah.

6. Jenis Narkotika | Ekstasi atau Inex / MDMA

gambar pil ekstasi | youtube.com

Salah satu jenis obat-obatan terlarang jenispsikotropika adalah ekstasi. Jenis ini menimbulkan efek kesadaran indra yang lebih peka. Oleh karena itu, orang yang sedang mengonsumsinya akan sangat peka terhadap sentuhan dan lebih atraktif. Beberapa orang mengonsumsinya dengan disertai hubungan seks atau berjoget di diskotek.

Ekstasi menimbulkan efek euforia, bahagia, rasa cinta, lebih terbuka sehingga bisa bercerita semua hal, dan peningkatan kesadaran indra. Pada jangka panjang, ekstasi menimbulkan halusinasi yang berlebihan sehingga tidak bisa membedakan dunia nyata dan fantasi.

 

7. Jenis Jenis Narkoba | Morfin atau Morphine

gambar morfin | narkoba76.blogspot.com

Morfin merupakan getah opium yang dicampur dan diolah dengan zat-zat kimia tertentu yang mempunyai daya analgesik kuat berbentuk kristal, tidak berbau serta memiliki warna putih dan berubah menjadi kecoklatan.

Dalam dunia kedokteran, Morfin biasanya digunakan untuk pembiusan dalam operasi (pembedahan) untuk penghilang rasa sakit.

Efek Morfin sangat cepat dan dapat menimbulkan rasa anti sosial tinggi dan enggan bersosialisasi. Pada tarap yang lebih parah pemakai akan kehilangan kepercayaan dirinya sehingga ia akan membentuk dunianya sendiri, menutup diri dan menganggap bahwa lingkungannya adalah musuh.

 

8. Jenis Jenis Narkoba Berbahaya | Flakka

narkoba jenis flakka | cnn.com

Flakka adalah jenis narkoba paling berbahaya saat ini. Efek dari narkoba berbentuk kristal putih atau pink dengan bau menyengat ini membuat penggunanya bertingkah liar dan hilang kendali seperti zombie. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai video yang tersebar di dunia maya.

BACA JUGA : Apa Itu Pil PCC? Apakah Sama Dengan Jenis Narkoba Flakka?

 

Menurut BNN. Flakka memiliki efek 16 kali lipat dari narkoba pada umumnya. Efek dari penggunaan barang terlarang ini membuat pemakainya menjadi paranoid, halusinasi, dan psikosis yang mengerikan.

9. Jenis Jenis Narkoba | Tembakau Gorila

tembakau gorila | antaranews.com

Tembakau gorila mengandung campuran cairan ganja sintetis atau Synthetic Cannabinoid. Efek penggunaan narkotika kategori golongan 1 ini adalah cannabinoid, halusinogen, toxic dan bermalas- malasan pada penggunanya.

Tembakau gorila atau dikalangan pemakai disebut “Gori” mempunyai bentuk fisik yang berbeda dengan ganja. Warnanya cokelat kering seperti termbakau roko lintingan.

Tembakau gorila yang di kalangan pemakai disebut juga dengan “gori” ternyata memiliki bentuk fisik yang berbeda dengan ganja. Jika ganja berwarna agak kehijauan dan agak lembab, maka tembakau gorila berwarna cokelat dengan daun tembakau yang kering.

Bentuknya persis seperti tembakau pada rokok lintingan. Asap tembakau gorila juga tidak memiliki aroma yang khas seperti ganja ketika dibakar.

10. Crack Coccaine

dea.org

Dalam penggunaannya, Ketika dipanaskan obat terlarang jenis kokain tersebut mengeluarkan bunyi letupan “crack..crack”, sehingga kemudian dinamai “Crack Coccaine”.

Bentuknya berupa kristal atau kubus padat berwarna kuning, putih ataupun warna merah pucat. 
Kokain crack adalah jenis kokain paling berbahaya karena kadar kemurniannya diatas 75%. Jauh lebih kuat dari kokain pada umumnya.

Crack Kokain memberikan efek yang sangat kuat dan cepat namun cepat pudar. Barang yang memiliki nama lain 24- 7, Apple Jacks, Badrock dan Devil Drug ini memiliki harga yang lebih murah dari kokain pada umumnya. Ia diedarkan dalam bentuk kristal ataupun bubuk dan dapat menyebabkan ketagihan sejak pemakaian pertama.


             Blog ini di buat oleh : - yani 

                                                    - sri mentari

                                                    - wina

  Kelas : IX K

   

      

Bahaya Narkoba

           

              

        

    

           

        

     

   











































Komentar

  1. Selamat Datang Para Pecinta POKERS MANIA.
    Binngung Cari WEBSITE Yang Bisa Buat Anda Mendadak Jadi Jutawan..?? Kenapa Tidak Di Coba Saja Di Jagodomino,com !!!

    Sudah Terjamin FAIR PLAY 100% MEMBER VS MEMBER
    Menyediakan Beberapa Meja MAS, CS Yang CANTIK DAN RAMAH , PELAYANAN CEPAT DAN MEMUASKAN
    Mau Menang Dengan Mudah? Main Disini Aja!
    Persentase Kemenangan Lebih Besar!
    Silahkan Di UJI Kemampuan Bermain KARTU Hanya Di Website
    Jagodomino,com ???

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Globalisasi dan sejarahnya

Pengertian bahayanya narkoba